hari spesial..
oke,ini ultahku (lagi)tapi yang ke hmmm... 19.. hiks tua..
kali ini spesial sekali,
bukan karna ultahku bertepatan dengan ultah SBY,
hmm.. bukan karena di ultah ku kali ini papa menelpoku subuh-subuh cuma mau bilang 'selamat ulang tahun annakku,minta hadiahnya di mama yah' kerna biasanya Ia bahkan tidak mengingat ulang tahunku,bukan karena mama yang mengadakan syukuran di rumah di timika nun jauh di sana untuk ultahku,meskipun kadang Ia masih lupa apakah aku sebenarnya lahir tanggal 4 atau tanggal 9 september.
okey,itu cukup istimewa, hmmm...bukan karena suprise nya... tapi karena kalian ada di sini, bukan tapi rasanya hari ini aku lebih hidup,penuh emosi.. rasanya bersama kalian aku tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain,tidak perlu berpura-pura tertawa,menangis,dan menjaga image,aku dapat menjadi diriku sendiri,hmmm.. benar-benar hidup,sungguh.
trima kasih kalian.
about me
i love all simple and sexy things.
Senin, 09 September 2013
Minggu, 08 September 2013
Resensi Film
Judul : Kawali
(Identitas Laki-laki Bugis)
Genre :
Film Dokumenter
Karya : Rustan
Produksi :Ethinic Film Production
Durasi :
20 menit,35 detik.
Film dokumenter yang satu ini memiliki ide yang tidak
biasa yakni Kawai,sebuah senjata tradisional yang memiliki andil yang sangat
besar dalam kebudayaan Bugis,tepatnya film ini bercerita mengenai Kawai yang merupakan identitas para laki-laki
bugis,bukan dari sudut pandang orang kebanyakan yang selalu mengarah pada pemikiran
mengenai kekerasan namun pada lambang suatu kebudayaan yakni kebudayaan bugis
yang dapat tercermin dalam sebilah kawai. Malalui penjelasan-penjelasan para ahli dalam film ini penonton dapat mendalami makna kawai
tersebut serta pengetahuan baru tentang proses pembuatannya, pembentukannya, jenis-jenis
kawai, dan sejarahnya. Serta pengupas tentang bagaimana hubungan erat antara
kawai dan budaya Siri dan Pesse masyarakat bugis.
Ternyata,bagi
masyarakat bugis terutama kaum laki-laki,kawai merupakan identitas mereka dalam
kehidupan sosial,ekonomi dan juga politik. Sejak kecil para laki-laki bugis
telah diberi kawai sebagai warisan keluarga mereka,dan jenis kawai yang
diberikan pada mereka di sesuaikan dengan sifat dan kerakter mereka dengan
harapan kelak mereka akan menjunjung siri
(harga diri )mereka serta keluarga mereka sesuai dengan makna kawai mereka.
Film dokumenter yang padat akan edukasi mengenai
kebudayaan bugis ini memiliki beberapa
kelemahan yakni pemfokusan pada info-info yang di berikan oleh para ahli yang
di sampaikan secara audio,hal tersebut mengebabkan visualisasi dalam film ini
hanya terkesan sebagai penambah/pemanis.Namun karena informasi yang diberikan
sangat padat dan jelas sehingga hal ini tidak terlalu bermasalah,kekurangan
lainnya menurut Ujar suradi Mappangara iyalah “di beberapa scine terdapat
beberapa pengambilan gambar yang kurang sesuai dengan inti film misalnya pada
penggunaan alat-alat modern yang kurang mencerminkan nilai dokumenter dari film
ini” “setiap jaman memiliki persoalannya masing-masing” lanjut salah satu dosen
Sejarah Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin ini. Selain kekurangan terdapat juga banyak kelebihan
dalam film ini yakni pengambilan ide yang sangat orisinal dan berpengaruh
terhadap mahasiswa terutama mahasiwa yang selama ini berfikir bahwa kawai
(badik)pada masyarakat bugis tidak memiliki nilai budaya melainkan hanya bentuk
pertahanan diri
Bagaimanapun film karya putra bugis ini merupakan salah
satu film yang wajib kita tonton untuk memperdalam pengetahuan kita mengenai
kawai, budaya siri dan pesse pada masyarakat bugis.
Hal menarik dari pemutaran perdana film ini iyalah
diadakannya diskusi serta bedah fim setelahnya,bedah film dan diskusi ini
menghadirkan Rustan selaku pembuat film,Suradi Mapppangara (dosen Sejarah
Fakultas Sastra),serta Bang Sony Dosen ….. jurusan Ilmu komunikasi UH.
Dalam diskusi ini,Rustan menyampaikan beberapa gagasan
serta informasi mengenai film yang dibuatnya ini,sementara Bapak Suradi dan
Bang Sony masing-masing meninjau film dari segi sejarah serta penggunaan Audio
Visual sebagai media penyampaian pesan. Bagi Suradi Kawali yang sebelumnya
menjelaskan mengenai sejarah Kawali sendiri. Ia mengatakan bahwa Kawali
nemiliki nilai dan pesan yang harus para laki-laki bugis junjung “bukan
ujungnya tapi semangatnya” ujarnya. Sementara Bang sony lebih menekankan pada
hal teknis film ini sendiri,baginya film ini masi memerlukan beberapa
peninjauan kembali karena penggalian ide pada kawali ini barulah pada
‘permukaannya’ saja,meski demikian Ia menghargai Rustan yang telah berfikir
untuk mebuat sebuah film dokumenter yang dapat menjadi alat pelestarian budaya
ini.
Mahasiswa
Butuh Pesta
Sejak pertama menginjakkan kaki
dibangku kuliah di Universitas Hasanuddin ini,ada sebuah slogan yang sering
disampaikan saat pemberian sambutan pada mahasiswa baru Fakultas Ilmu social dan Ilmu politik. Slogan
tersebut yakni ‘kehidupan mahasiswa penuh dengan buku,pesta dan cinta,yang
berarti senin hingaa jumat mahasiswa ‘berkuak’ dengan buku,lalu pada hari sabtu
dan muinggu waktu untuk cinta dan pesta.
Jadi rasanya bukan hal yang salah jika Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOSMIK)
mengadakan KOSMIK Terrace Party (KTP).
“tujuan
dari diadakannya acara ini untuk merefresh otak-otak mahasiswa kosmik setelah disibukkan
dengan aktifitas kuliah dan juga sebagai ‘tempat’ apresiasi seni mahasiswa
kosmik yang berbakat dibidang seni.” Ujar Wira Yudha Satria selaku ketua
panitia KTP . Menurut Mahasiswa anggakatan 2011 ini dalam acara KTP nanti rencananya akan menampilkan tarian,persembahan music dari anak-anak
kosmik,makan bersama dan masik banyak lagi.
KOSMIK
Terrace Party (KTP) yang akan
diadakan tanggal 31 Mei mendatang,
menyusung tema ‘90 to now’ yang akan menunjukkan kejayaan musik-musik tahun 90an
yang masih memiliki peminat hingga saat ini,terutama di kalangan mahasiswa. Dengan tema tersebut jelas memperlihatkan
bahwa KTP bukan hanya sekedar pesta-pesta yang tidak memiliki nilai sama sekali
seperti presepsi masyarakat luas
terhadap pesta-pesta yang diadakan mahasiswa selama ini.
Setelah
melawati banyak aktifitas perkuliahan yang penuh dengan tugas dan semacamnya mahasiswa
layak untuk menyegarkan kembali pikiran mereka,dan salah satu solusinya adalah
pesta. Namun,jenis pesta yang dimaksud yakni pesta yang positif seperti KTP ini.
Namun,terkadang justru mahasiswalah yang menempatkan makna ‘pesta’ tersebut
pada posisi yang salah dan tidak pada tempat yang seharusnya, misalnya
mengadakan pesta dengan pesta miras (minuman keras)dan pesta narkoba. Oleh
karena itu,peru adanya kasadaran mahasiswa serta pengawasan dari banyak pihak
seperti orang tua wali dan pihak kampus. Selai pengawasan perlu juga adany
pengarahan terhadap mahasiswa dan menindak lanjuti mahasiswa yang melanggar
sacara tegas.
Jadi,untuk
menikmati masa perkuliahan terkadang mahasiswa membutuhkan pesta,dan sebagai
mahasiswa yang masuk dalam golongan masyarakat terpelajar mahasiswa harusnya
dapat menempatkan diri serta membedakan mana pesta yang positif serta yang
negative bagi diri mereka,keluarga,kampus,serta lingkungan dan tidak terlibat
dalam berbagai kegiatan yang tidak bernilai sama sekali.
BCOP
Suka memotret?berminat pada dunia Fotografi?
Buat kalian yang
menjawab ‘ya’ untuk dua pertanyaan diatas,wajib tahu tentang kegiatan KOSMIK yang
satu ini. Basic Course of Photography
atau BCOP ini merupakan agenda tahunan yang di adakan oleh biro KIFO (Kine dan
Fotografi) dan bertjuan untuk memberi pelatihan fotografi kepada warga KOSMIK
maupun mahasiswa lain di luar KOSMIK yang memiliki keinginan untuk mempelajari
lebih dalam mengenai fotografi.
Oh iya buat teman-teman
pemula yang baru mengenal dunia
fotografi tidak perlu minder karena di
BCOP ini teman-teman akan belajar fotografi mulai dari dasar,yakni mulai dari cara
memegang kamera yang baik dan benar,jenis-jenis kamera,komponen-komponen
kamera,tips dan trik membeli kamera DSLR,sampai pelatihan tingkat lanjut
seperti bagaimana pengaturan speed,focus,ISO,dan pengambilan angel yang cocok
saat eksekusi (memotret),serta mempelajari tentang foto jurnalistik.
Di BCOP ini juga kita
tidak sekedar di ajarkan teori-teori
fotografi namun kita juga belajar mempraktekkannya, misalnya,pada BCOP
sebelumnya yang diadakan pada tanggal 14-15 juni lalu yang berlangsung selama
dua hari,pada hari pertama peserta mempelajari
teorinya dan pada hari kedua bersama-sama mengunjungi Pelabuhan Phinisi Paottere
serta Benteng Rotterdam untuk mempraktekkan ilmu yang telah di pelajari
sebelumnya,dalam proses ini peserta di bimbing oleh senior-senior serta
beberapa pemateri yang telah berpengalaman dalam bidang fotografi.
Setelah mengikuti BCOP ini tidak hanya pengetahuan
teman-teman mengenai fotografi yang semakin bertambah namun pandangan mengenai
dunia fotografi yang menjadi semakin luas,kita jadi tahu perbedaan antara
fotografer profesional dengan fotografer yang hanya tau memotret,juga
mengetahui mengenai foto jurnalistik,jenis-jenis foto serta kriteria foto dapat
dikatakan bagus,baik dan bermakna.
Minggu, 18 Agustus 2013
27112013
yahh... batal deh pergi dengan dramatis..
mungkin w harus berfikir cara lain,ciikkk sekarang w sehat,dan itu pilihan w,infestasi utuk umur w kelak,mungkin dengan begini 10 atauppun 20 tahun bertambah kan termasuk lumayan...
rasanya jalan ini yang terbaik secara rasional tapi entah kenapa ini tidak seperti pilihan emasional w..
ini cara yang terbaik untuk menghapus rekor sekaligus mengambil hakku.. berapa puluh (ratusan)jutapun,toh semua gratis dan ituhakku..tapi entah kenapa aku merasa menginjak prinsip sendiri,ohh atau ini bukan mengijak prinsip tapi menepis ego..
hah..lalu ego siapa itu?ini untukku. hah aku berbuat ini untuk siapa?kebaikkan? iya.toh selama ini rasanya aku justru menginginkan sebaliknya,hanya cara dan waktunya saja yang menunggu.
rasss....ras......lo emang pengecut yah..kurang apa coba semua ini?ini tuh terlalu sempurna untuk orang yang tidak pernah bersyukur seperti lu.
hahaha itu dia sayang.. bukannya tidak bersyukur,aku hanya sedikit mengeluh saja. 'mengapa ini teralu sempurna dan membosankan?'
pssssttt....kalau mereka tidak ada.ituloh yang disebut 'hati nurani' bagaimana kalau kita akhiri ini semua,dan menjadi penonton untuk permainan berikutnya?
ayolahh.. bukannya warna yang terlalu ramai akan menjadi tidak indah?bukanya putih yang terlalu bersih akan menyilaukan? ayoo bantu aku memercikan sedikit tinta hitam itu..pssttt ingat hanya kalau mereka tidak ada,pppsstt tetaplah berbisik mengenai ini,mereka ada dimana-mana di hatimu dan hatiku.
yahh... batal deh pergi dengan dramatis..
mungkin w harus berfikir cara lain,ciikkk sekarang w sehat,dan itu pilihan w,infestasi utuk umur w kelak,mungkin dengan begini 10 atauppun 20 tahun bertambah kan termasuk lumayan...
rasanya jalan ini yang terbaik secara rasional tapi entah kenapa ini tidak seperti pilihan emasional w..
ini cara yang terbaik untuk menghapus rekor sekaligus mengambil hakku.. berapa puluh (ratusan)jutapun,toh semua gratis dan ituhakku..tapi entah kenapa aku merasa menginjak prinsip sendiri,ohh atau ini bukan mengijak prinsip tapi menepis ego..
hah..lalu ego siapa itu?ini untukku. hah aku berbuat ini untuk siapa?kebaikkan? iya.toh selama ini rasanya aku justru menginginkan sebaliknya,hanya cara dan waktunya saja yang menunggu.
rasss....ras......lo emang pengecut yah..kurang apa coba semua ini?ini tuh terlalu sempurna untuk orang yang tidak pernah bersyukur seperti lu.
hahaha itu dia sayang.. bukannya tidak bersyukur,aku hanya sedikit mengeluh saja. 'mengapa ini teralu sempurna dan membosankan?'
pssssttt....kalau mereka tidak ada.ituloh yang disebut 'hati nurani' bagaimana kalau kita akhiri ini semua,dan menjadi penonton untuk permainan berikutnya?
ayolahh.. bukannya warna yang terlalu ramai akan menjadi tidak indah?bukanya putih yang terlalu bersih akan menyilaukan? ayoo bantu aku memercikan sedikit tinta hitam itu..pssttt ingat hanya kalau mereka tidak ada,pppsstt tetaplah berbisik mengenai ini,mereka ada dimana-mana di hatimu dan hatiku.
Jumat, 21 Juni 2013
kesalku
seseorang... pliiiiisssss buang gw dari
negara bobrok ini..
zona nyaman.. sumpah. kata yang bisa bikin orang yang selalu 'gelisah' kayak gw bunuh diri kayaknya..
zona nyaman.. sumpah. kata yang bisa bikin orang yang selalu 'gelisah' kayak gw bunuh diri kayaknya..
dalam hati w mengutuk zona
itu,ketidakadilan,kriminalitas,pomerkosaan,penganiayaan,perampokan,kebodoha.n,kemiskinan,KEBOBROKAN,semua
kandas karna kata ini 'zona nyaman'.. FUCK saat dimana lu berdiri di sebua
tempat dan melihat seseorang tidak bersalah di depan mata lu di pukuli dan lu
dilarang buat nolongin cuma karna yang mukulin itu anak kepala desa dan dari
etnis tertentu yang terkenal kejam.woooooiiiiii kita punya hukum (mskipun itu
juga bobrok )fuck.
fuck.saat dimana krisis BBM dan lu berdiri
di pom bensin dan di depan lu ada ratusan galon sedang antri yang akan jadi timbunan pengusaha-pengusaha berkantong
tebal,dan lu ngak bisa protes cuma karna yang
punya tu pom bensin keluarganya.wwwooooiii banyak yang lebiiihh butuh
juga fuck.
fuck adalah saat dimana lu mau ngambil dan
legalisir ijasah serta foto copyannya dan lu diminta bayar Rp.600.000 buat itu
semua ke pihak guru yang menguruskan padahal asal kita udah bayar tunggakan
sekolah ngambil ijasah itu sebenarnya gratis,foto copy?seratuss perak woiii masa
di samain sama ratusan ribu,uang segitu padaal di luar sana bisa jadi
pengasilan seorang tukang pikul selama 1 bulan.
sial,banyak diluar sana yang lebiih-lebih
parah dan semua bernasip sama. keadilan
itu uthopia
FUCK besar adalah parahnya masyarakat sekitar atau yang melihat ini semua ngak ada yang protes dan melarang orang untuk protes karna satu alasan 'sudah biasa' aaarrrgggghh that damn 'zona nyaman'.. karna keter-biasaan,kedudukan,kekayaan,dan segala tetekbngak yang berlindung didalamnya itulah kita sebobrok ini,di protes pun ngak mau.sial.kalo gini terus ngak akan ada 'orang baik',yang bobrok begitu aja di jadikan biasa.semuanya benar-benar gila,dan mereka bakan tidak sadar kalau mereka sedang gila.
FUCK besar adalah parahnya masyarakat sekitar atau yang melihat ini semua ngak ada yang protes dan melarang orang untuk protes karna satu alasan 'sudah biasa' aaarrrgggghh that damn 'zona nyaman'.. karna keter-biasaan,kedudukan,kekayaan,dan segala tetekbngak yang berlindung didalamnya itulah kita sebobrok ini,di protes pun ngak mau.sial.kalo gini terus ngak akan ada 'orang baik',yang bobrok begitu aja di jadikan biasa.semuanya benar-benar gila,dan mereka bakan tidak sadar kalau mereka sedang gila.
Rabu, 22 Mei 2013
Sang HEROIN
Namanya__,dialah sang heroin disini dan kali ini.
Layaknya heroin lainnya,dia candu.
Sang candu yang membuat para pecandu momohan
untuk mati dari pada tidak memilikinya
Dia candu yang selalu ingin di cumbu tiap detiknya.
Dia candu yang membuat (ter)gila-gila.
Sang heroin yang menjadi hero untuk hasrat.
sang heroin yang menjadi mimpi dan racun.
sang heroin yang membunuh dengan ketidak hadirannya
dia candu,sang heroin,dan aku pecandumu.
coret-coretan yang kubuat di sela-sela kuliah pengantar ilmu komunikasi..:)
Selasa, 26 Maret 2013
ini adlah cerpen yang kutulis selama 15 menit mendebarkan dalam pelombaan membuat mading di DIKDAS Jurnalistik PK IDENTITAS UNHAS di Lec Athira.
-->
HUJAN
-->
HUJAN
‘disini
hujannya deras banget ‘ SMS singkat
singkat dari Leo yang membuatku merenung sejenak.
‘disini juga’balasku singkat.
Sudah lima tahun berlalu sejak pertemuan terakhirku dengannya namun tidak
seharipun ia lenyap dari pikiranku.Dulu,aku dan Leo memiliki kisah yang sangat
bahagia,kami merasa bagai di negri dongeng saat menjalani hari-hari
itu.Namun,suatu hari hujan gerimis datang seiring dengan kepedihan yang harus
kami berdua tanggung.Joe,adik kandung Leo meninggal kerena motor yang di
bawanya di hantam oleh mobil Ayahku yang sedang mabuk saat itu ayah mengaku
bahwa ia dalam pengaruh minuman keras yang ia minum seusai bertengkar hebat dengan dengan Ibu.Hari itu
aku karena rasa malu dan rasa bersalah
yang mendera aku akhirnya memutuskan untuk menjauh dari Leo dan memilih pergi
ke Makassar dan melanjutkan kuliahku di sana ,meskipun
berkali-kali sejak kepergianku Leo selalu saja berusaha menghubungiku dan
mengatakan bahwa ia memaafkan keluargaku aku tetap saja masih menyimpan rasa
bersalah itu,bukan karena persoalan ayah yang aku pikirkan tapi ada hal lain
yang lebih membuatku bagai tertusuk seribu belati jika mengingatnya.
“ibu,
Jenny mau makan” suara mungil di sampingku membuyarkan lamunanku.
“sebentar
yah sayang” ujarku menyahut pada putriku satu-satunya itu.
Beberapa bulan setelah aku menjalin hubunggan dengan Leo
dulu,Joe hadir dalam hidupku sebagai adik Leo.Namun,sikap Joe yang sangat
pengertian dan loyal sempat membuatku terbuai hingga akupun menghianati
kakaknya yang saat itu menjadi pacarku,dan terjadilah malam laknat itu,malam
dengan hujan deras yang membuatku lari dari kenyataan dan membuatku terus
memikul rasa bersalah sampai sekarang,malam yang membuatku memiliki Jenny
disini,Jenny malaikat kecilku.
Oleh :Rasti
Selasa, 22 Januari 2013
Impossible
Mana yang kau pilih: jadi cantik atau pintar?
Kalau kau memilih cantik, percayalah, dalam waktu singkat kau akan jadi pusat perhatian. Banyak yang akan jatuh hati padamu—begitu juga dengan yang akan membencimu. Kau harus berhati-hati dengan kebencian karena iri hati. Perasaan itu beracun seperti taring ular. Sekali dia menggigitmu, hidupmu akan berubah selamanya.
Kalau kau memilih pintar, masa depanmu akan seterang matahari pagi di tepi Pantai Ibiza. Guru-guru jatuh hati kepadamu. Nilai-nilaimu sama indahnya seperti couture Alexander McQueen. Sayangnya, jadi pintar membuat pergaulanmu harus mengalah.
Karenanya, aku tak akan memilih cantik maupun pintar. Aku lebih ingin ditakuti. Aku ingin jadi alasan seseorang meragukan kualitas di dalam dirinya. Aku ingin semua mata terarah kepadaku. Hanya orang yang disegani yang menjadi poros dunia di sekelilingnya, Darling....
-by Nina Ardianti-
Jumat, 14 Desember 2012
tagore
kalau aku mendapatkan kamu,kamu akan kehilangan pesonamu.semakin aku mencari kamu semakin aku terpesona.
Selasa, 04 Desember 2012
natal lagi.
hanpir setahun berlalu
sejak aku merayakan Natal dalam diam dan tangis
sambil memandangi kembang api melalui jendela kamar kosku di Jogja
kini aku di Makassar menghitung hari menjelang Natal berikutnya
Natal tahun ini pasti ramai kerena aku berada di tengah-tengah keluarga besarku.
Tapi apa bedanya?
toh aku tetap merasa kesepian.
ini mungkin terjadi karena aku mulai terbiasa sendiri bertahun-tahun menghabiskan Natal demi Natal di yanah orang
Dan dalam tahun-tahun itu
permohonan Natalku selalu (nyaris)sama "semoga Natal berikutnya aku berada di rumah" tapi sampai tahun inipun meski aku berada di tanah kelahiran orang tuaku.aku tetap jauh dari 'rumah'
sejak aku merayakan Natal dalam diam dan tangis
sambil memandangi kembang api melalui jendela kamar kosku di Jogja
kini aku di Makassar menghitung hari menjelang Natal berikutnya
Natal tahun ini pasti ramai kerena aku berada di tengah-tengah keluarga besarku.
Tapi apa bedanya?
toh aku tetap merasa kesepian.
ini mungkin terjadi karena aku mulai terbiasa sendiri bertahun-tahun menghabiskan Natal demi Natal di yanah orang
Dan dalam tahun-tahun itu
permohonan Natalku selalu (nyaris)sama "semoga Natal berikutnya aku berada di rumah" tapi sampai tahun inipun meski aku berada di tanah kelahiran orang tuaku.aku tetap jauh dari 'rumah'
Senin, 03 Desember 2012
sssttttt... selamat tidur.
Murid sekolah minggu mulai berlatih sandiwara dan bersuka ria
Panitia Natal sudah menghitung
delapan ratus ribu untuk konsumsi
tiga ratus tibu untuk dekorasi
dua ribu tahun telah berlangsung
Pikiran membayangkan salju menutupi cemara
Natal diromantikkan jadi pigura atau dijadikan peringatan zaman purba
gembala di padang Efrata
tiga orang majus dengan unta.
Itukah isi berita kedatangan Yesus?
Juruselamat bukanlah bayi di Betlehem
tapi rabbi di Yerusalem
yang memaki kemunafikan
yang solider dengan si buangan
Pengikut-Nya disuruh melanjutkan
mempraktekkan keadilan
memprotes jika kekuasaan disalahgunakan
menyediakan hati di mana solidaritas diperlukan
itulah syalom.
Natal lagi
sudah dua ribu tahun syalom dimulai
tapi mana syalom
Seorang supir taksi dirampok di Bungur
si Slipi seorang pemuda tergeletak di tembak dari jip
yang terus kabur
di sini seludup
di sana korup
Seorang guru sekolah dasar menghitung dan melamun
memegang hadiah jerih payah setahun
hitungannya tak sukar
uang lima puluh ribuan lima lembar
malam Natal lagi
malam damai di bumi
itulah juga kata sang letnan di dataran Golan
Damai di Bumitulisnya kepada keluarga dan taulan
besoknya ia membom lagi
Gedung itu ramai padat
Selamat!selamat!
orang duduk
berdoa menunduk
X-mas dinner di mulai
Tak jauh dari situ
dalam sel kantor polisi
para tahanan duduk terpaku
sepi
lapar
Natal
bel alarm yang mengejutkan:syalomitu,teruskan!
Tapi pengikut Kristus lebih senang diayun lagu tenang
sunyi senyap
dunia terlelap
Tahun ini pun Natal cuma peringatan zaman dulu
cuma upacara ibadah
cuma urusan rohani pribadi
Malam Natal
malam senyap
dan pengikut Kristus terlelap
Selamat malam pengikut Kristus
selamat malam gereja
selamat tiduur.sssssstttt...
*ini tuh bkan tulisanku... kutipan ini ku ambil dri buku tanteku..tapi aku lupa nama penulisnya yang jelas kutipan ini tuh pnya makna yang dalam bwt aku..
Senin, 19 November 2012
syarat jatuh cinta (katanya)
tak ada yang menjamin cinta selalu barujung bahagia.seringnya mencintai
membuatmu patah hati,terluka,meneteskan air mata bagi cinta yang berbalik dan meninggalkanmu.
tapi pernakah kau mencintai seperti yang aku alami?
mencintai dalam sakit.mengubah diri demi orang yang bahkan tak memalingkan wajahnya sedikitpun padamu.Hatiku berdarah dan aku masih saja mencintainya.
bahkan,setiap malam aku masih menyempatkan diri untuk berdoa supaya diaa selalu bahagia.
ini cinta yang bodoh.ya,aku tau itu tapi aku akan terus bertahan,terus mencintainya hingga dia mengundangku masuk ke dunianya..
_syarat jatuh cinta- by Marin Josi dan Purba Sitorus
membuatmu patah hati,terluka,meneteskan air mata bagi cinta yang berbalik dan meninggalkanmu.
tapi pernakah kau mencintai seperti yang aku alami?
mencintai dalam sakit.mengubah diri demi orang yang bahkan tak memalingkan wajahnya sedikitpun padamu.Hatiku berdarah dan aku masih saja mencintainya.
bahkan,setiap malam aku masih menyempatkan diri untuk berdoa supaya diaa selalu bahagia.
ini cinta yang bodoh.ya,aku tau itu tapi aku akan terus bertahan,terus mencintainya hingga dia mengundangku masuk ke dunianya..
_syarat jatuh cinta- by Marin Josi dan Purba Sitorus
Minggu, 11 November 2012
tembok 108
Dulu,sebelum Universitas ini resmi di buka 56 tahun silam,para tukang itu dengan teliti menyusunku dari bata-bata kasar,dan merekatkan satu persatu bata-bata itu dengan campuran semen,pasir,kerikil dan air.Di sela-sela pekerjaan mereka ada kegigihan yang kulihat,terkadang ada sepercik kebahagiaan di tengah tantangan hidup mereka,ada pula harapan.aku berjanji jika aku berdiri nanti,aku akan berdiri dengan kokoh,dan kuat,dan teman-teman tembokku yang lainpun setuju,kami tak mau upaya mereka sia-sia.
kami pun berdiri dengan kokoh.Waktu berlalu,hari demi hari,bulan demi bulan,dan tahun demi tahun mahasiswa datang,duduk dan pergi.begitu terus.ada yang datang dengan senyum,dan ada yang datang dengan duka,rasanya dulu mereka lebih bersemangat dari sekarang,atau aku memang sudah mulai tua?oh yah,mereka masih bersemangat dalam beberapa hal,berteriak-teriak dan melempar batu ke arah kaca,kadang kala ada juga yang dengan kejamnya mencoret-coreti aku dengan tulisan-tulisan tak berguna yang membuat ku setiap tahun harus di cat ulang,aku tau tulisan mereka ada beberapa yang berguna namun,hanya saat coretan-coret
an itu mereka salin dalam sebuah kertas yang bertuliskan 'ujian'.ckckckckc... bukannya sombong tapi aku akui aku sangat cerdas,semua yang di berikan dosen telah aku ketahui semua (kau pasti menganggapku sombong sekarang)bertahun-tahun aku berdiri di sini pekerjaanku hanya berdiri dan dosen-dosen mengoceh,mau tak mau aku mendengar.
kini,mereka masuk dengan berbagai benda ajaib di tangan mereka,dan miris melihatnya,benda itu membuat orang-orang ini menjadi gila,berceloteh meski biasanya dia diam,menangis meski biasanya dia ceria,dan memberi banyak ekspresi lainnya,aku benci perubahan,entah kenapa.
Aku melihat banyak hal berlalu di hadapanku tanpa sempat ku cegah,aku bosan menjadi sebuah tembok yang terus berdiri demi menjaga janji pada para tukang bangunan,aku bosan menjadi tembok yang berlumut di musim hujan,dan terkelupas di musim panas,aku benci jadi tembok yang diam saat di coter-coreti,aku benci jadi penghalangbagi angin-angin yang ingin bebeas bertiup,bolehkah aku runtuh kini? atau haruskah aku menunggu gempa yang akan memaksaku untuk berbaring?
kami pun berdiri dengan kokoh.Waktu berlalu,hari demi hari,bulan demi bulan,dan tahun demi tahun mahasiswa datang,duduk dan pergi.begitu terus.ada yang datang dengan senyum,dan ada yang datang dengan duka,rasanya dulu mereka lebih bersemangat dari sekarang,atau aku memang sudah mulai tua?oh yah,mereka masih bersemangat dalam beberapa hal,berteriak-teriak dan melempar batu ke arah kaca,kadang kala ada juga yang dengan kejamnya mencoret-coreti aku dengan tulisan-tulisan tak berguna yang membuat ku setiap tahun harus di cat ulang,aku tau tulisan mereka ada beberapa yang berguna namun,hanya saat coretan-coret
an itu mereka salin dalam sebuah kertas yang bertuliskan 'ujian'.ckckckckc... bukannya sombong tapi aku akui aku sangat cerdas,semua yang di berikan dosen telah aku ketahui semua (kau pasti menganggapku sombong sekarang)bertahun-tahun aku berdiri di sini pekerjaanku hanya berdiri dan dosen-dosen mengoceh,mau tak mau aku mendengar.
kini,mereka masuk dengan berbagai benda ajaib di tangan mereka,dan miris melihatnya,benda itu membuat orang-orang ini menjadi gila,berceloteh meski biasanya dia diam,menangis meski biasanya dia ceria,dan memberi banyak ekspresi lainnya,aku benci perubahan,entah kenapa.
Aku melihat banyak hal berlalu di hadapanku tanpa sempat ku cegah,aku bosan menjadi sebuah tembok yang terus berdiri demi menjaga janji pada para tukang bangunan,aku bosan menjadi tembok yang berlumut di musim hujan,dan terkelupas di musim panas,aku benci jadi tembok yang diam saat di coter-coreti,aku benci jadi penghalangbagi angin-angin yang ingin bebeas bertiup,bolehkah aku runtuh kini? atau haruskah aku menunggu gempa yang akan memaksaku untuk berbaring?
Kamis, 18 Oktober 2012
jauh di dalam sini.di hatiku.
mungkin jika aku tidak pulang terlambat aku tidak akan membunuh mereka..
mungkin jika aku tidak pulang lewat pintu 1 aku tidak akan melihat mereka..
mungkin jika aku benci hal-hal imutt, mereka tidak akan jadi seperti ini...
mungkin jika aku sadar bahwa mereka masih terlalu kecil,mereka masih hidup sekarang..
mungkin jika aku tidak mampir di atm dan membawa uang,mereka masih bermain dengan riang sekarang..
mungkin jika aku sadar bahwa di rumah ada kucing,mereka tidak akan mati dengan mengenaskan seperti ini..
mungkin jika aku lebih was-was ini semua tidak akan terjadi..
tapi mungkin kah ini sudah nasib bagi mereka berdua?nasip untuk terlihat,dibeli,dan di bawa pulang oleh ku?nasip untuk terabaikan dan di cabik-cabik oleh kucing brengsek itu?
ataukah ini memang sepenuhnya kesalahan ku yang lebih brengsek ini??
ohh....ohh.. rasti...rasti..seorang rasti menangisi kelinci???mungkin aku memang salah,karna itu air mata ini menetes.
Sabtu, 13 Oktober 2012
it's ok.
kau bohong...it's okey
kau menghilang tiba-tiba setelah itu... it's still okey...
dan sekarang kau mungkin sudah melupakanku.. then it's really okey because I am happy without you.
Sabtu, 29 September 2012
hayyy... my (first and almost) lovers.
hay....
hmmm.... apa kabar?
cikkk... kau pasti akan mejawab 'baik' seperti biasanya.
bagaimana kuliah mu?
hufhh lagi-lagi jawaban yang sudah bisa ku tebak 'asik-asik aja sih'..
masih suka main bola dan makan permen karet?
terus masih suka nangis dan ngadu ke mama juga?
hahahahaha maaf yah soal waktu itu,tapi waktu itu kau seharusnnya ngak pake nangis dan ngadu ke mamamu dong..kan permen karetnya bisa di bersihin,lagian aku juga ngak sengaja naro dikursimu...
maaf banget yah Ri...
btw ngak kerasa udah 8 tahun berlalu yah...ingat ngak waktu kita berdebat soal warna bis kota yang ada di Jakarta?waktu itu kau bilang warnanya merah dan kubilang warnanya biru.
kau juga dulu suka banding-bandingkan rambutku dengan rambut Uci,huffhh makanya sejak itu aku slalu pengen punya rambut panjang...
kau lgi dimana sekarang?sudah tau warna bis Jakarta sekarang?jadi mana yang benar Ri?biru atau merah?
hmmm.... apa kabar?
cikkk... kau pasti akan mejawab 'baik' seperti biasanya.
bagaimana kuliah mu?
hufhh lagi-lagi jawaban yang sudah bisa ku tebak 'asik-asik aja sih'..
masih suka main bola dan makan permen karet?
terus masih suka nangis dan ngadu ke mama juga?
hahahahaha maaf yah soal waktu itu,tapi waktu itu kau seharusnnya ngak pake nangis dan ngadu ke mamamu dong..kan permen karetnya bisa di bersihin,lagian aku juga ngak sengaja naro dikursimu...
maaf banget yah Ri...
btw ngak kerasa udah 8 tahun berlalu yah...ingat ngak waktu kita berdebat soal warna bis kota yang ada di Jakarta?waktu itu kau bilang warnanya merah dan kubilang warnanya biru.
kau juga dulu suka banding-bandingkan rambutku dengan rambut Uci,huffhh makanya sejak itu aku slalu pengen punya rambut panjang...
kau lgi dimana sekarang?sudah tau warna bis Jakarta sekarang?jadi mana yang benar Ri?biru atau merah?
Kamis, 27 September 2012
kangen bangettt....
Wann... tau Jogja kan/ Ngayogyakarta Hadiningrat/DIY?....aku lagi kangen berat sama kota yang satu ini TT_TT,biarpun baru 2 bulan 16 hari 23 jam dan 10 menit berlalu dari hari terakhir menginjakkan kaki di kota ini (di bandara Adisutjipto sih tepatnya) tapiii rasanya udah bertahun-tahun berlalu #hadehhhhh...
banyak hal yang patut buat di kagumi dari kota ini dan rasanya 3 tahun di sana sangat-sangat tidak cukup buatku untuk selesai berkagum-kagum.
-mari kita bernostalgia-
banyak hal yang patut buat di kagumi dari kota ini dan rasanya 3 tahun di sana sangat-sangat tidak cukup buatku untuk selesai berkagum-kagum.
-mari kita bernostalgia-
Jadi ingat waktu pertama kali ke Jogja,waktu itu aku rajin ke Amplaz karena masih bareng mama (mama nganterin ke Jogja)..waktu itu aku agak melongo udik dengan mall terbesar di jogja itu,saking udiknya kami(aku,mama,Erna,dan mamanya Erna) ngabisin waktu 1 minggu sebelum masuk sekolah buat mondar-mandir ke tempat itu padahal cuma buat jalan-jalan doang (mumpung waktu itu msih tinggal di belakang Amplaz).
Jadi ingat waktu petama kali ke Malioboro,waktu itu mama dan mamanya Erna sampai heran-heran dengan harga-harga tas-tas disana yang murah-murah (belum termasuk setelah di tawar") jauh beda dengan harga di Timika.kami juga sempat foto-foto di tengah-tengah jalan,hahahaha..
Jadi ingat dulu aku selalu rajin ke alun-alun utara setiap tahun karena ada sekaten (pasar malam),disana banyak permainan yang asik-asik (di sekaten terakhirku di sana aku sempat nyoba flyingfox,cuma 10 rb,dan di jamin ketagihan)banyak makanan yang enak-enak,barang-barang murah,dsb.
Jadi ingat dulu seiap pulang gereja di sabtu malam aku dan para jombloan lainnya selalu nongkrong di depan benteng Vredeburg menikmati keramaian malam sambil makan sate atau jagung bakar,sambil nonton pertujukan yang ada atau sekedar cuci mata..
Jadi ingat terkadang kalau lagi malam minggu aku dan teman-teman nyewa motor buat semalaman ke bukit bintang..perjalanan dari kota sekitar 1 stengah jam sampai 2 jam,di Bukit Bintang kita bisa lihat pemandangan jogja yang penuh gemerap lampu yang terlihat seperti bintang gtu deh..disana kami ngopi,makan gorengan atau mie rebus,dan ngobrol sepuasnya sampai pagi,walaupun hari minggunya pada tepar tapi perjalanan ini tuh bakal selalu ngangenin...
Jadi ingat saat-saat ke Paris(Pantai Parangkritis)bareng teman-teman,saat ban motor kempes dan kita nungguin sambil gitaran di bengkel orang,saat kita main ombak,foto-fotoan di atas pasir putih,bahkan aku juga ingat saat kita iuran buat bayar seafood yang kita makan bareng..
Jadi ingat waktu kecopetan di bis umum yang akhitnya ngebuat aku jadi kenal sama mas-mas preman Pasar Bringharjo.
Jadi ingat dikala penderitaan khas 'anak kos' menimpa dan nasi kucinglah solusi terbaiknya,hmmm..ada rumusnya tuh... 1000 rupiah = nasi+tempe/telur. 3000 rupiah +500 rupiah (untuk es teh) = tidur nyenyak.
Jadi ingat...Eh lupa ding,saking banyaknya nih....hmmmm... ku ingat-ingat dulu yahh... bye".
Jadi ingat terkadang kalau lagi malam minggu aku dan teman-teman nyewa motor buat semalaman ke bukit bintang..perjalanan dari kota sekitar 1 stengah jam sampai 2 jam,di Bukit Bintang kita bisa lihat pemandangan jogja yang penuh gemerap lampu yang terlihat seperti bintang gtu deh..disana kami ngopi,makan gorengan atau mie rebus,dan ngobrol sepuasnya sampai pagi,walaupun hari minggunya pada tepar tapi perjalanan ini tuh bakal selalu ngangenin...
Jadi ingat saat-saat ke Paris(Pantai Parangkritis)bareng teman-teman,saat ban motor kempes dan kita nungguin sambil gitaran di bengkel orang,saat kita main ombak,foto-fotoan di atas pasir putih,bahkan aku juga ingat saat kita iuran buat bayar seafood yang kita makan bareng..
Jadi ingat waktu kecopetan di bis umum yang akhitnya ngebuat aku jadi kenal sama mas-mas preman Pasar Bringharjo.
Jadi ingat dikala penderitaan khas 'anak kos' menimpa dan nasi kucinglah solusi terbaiknya,hmmm..ada rumusnya tuh... 1000 rupiah = nasi+tempe/telur. 3000 rupiah +500 rupiah (untuk es teh) = tidur nyenyak.
Jadi ingat...Eh lupa ding,saking banyaknya nih....hmmmm... ku ingat-ingat dulu yahh... bye".
Minggu, 09 September 2012
todays my birthday
9.9.12.. 18 Y.O,soo what should i do at this age??
hmm...first say thanks to God,and say goodbye to my teenage life.
#and maybe now i can klik on something '18+ '
hahahahaha just kid =D
hmm...first say thanks to God,and say goodbye to my teenage life.
#and maybe now i can klik on something '18+ '
hahahahaha just kid =D
Langganan:
Komentar (Atom)
.jpg)